Cara Menginstall Windows XP sp2

Cara Menginstall Windows XP Sp2

            Assamualaikum wr wb
            Hai teman2. Selamat datang di blog saya Ekalien.blogspot.com. Kali ini saya akan memberikan tutorial tentang “Cara Menginstall Windows XP Sp2”. Sebelum masuk ke tutorial, saya ingin memberi tau bahwa sebenernya menginstall windows sebenarnya sangat mudah. Mungkin diantara temansekalian ada yang belum pandai menginstall.

 Maka akan saya ajari cara menginstall windows xp. Dan pastinya khusus anak SMK pastinya harus wajib tau soal menginstall. Kan malu kalo belum pandai menginstall windows J. Ok langsung saja kita masuk ke tutorialnya
1.         Pertama, masukkan CD instalasi Windows XP sp2 (kok harus pake  CD windows xp??? Yaa iyalah kalo kita pakai CD windows 7 ya berarti kita nginstall windows 7 dong -_-).

2.         kemudian, Anda akan masuk ke menu instalasi. Tekan “Enter” jika ingin menginstall Windows XP. Tekan “R” jika ingin memperbaiki sistem Windows XP. Tekan “F3” jika anda ingin keluar dari menu instalasi(lahhh berarti kita gak jadi nginstall dong  -_-) .

3          Setelah itu , anda akan dibawa ke menu lisensi persetujuan Windows XP. Tekan “F8” untuk menyetujui lisensi nya.

4.         Sekarang, anda akan dibawa ke menu pembagian partisi.Pertama-tama tekan “C” untuk membuat partisi.Kemudian buat berapa banyak kapasitas partisi yang akan digunakan (dalam satuan MB). Saya akan membuat 10000 (MB). Biasanya partisi ini digunakan untuk sistem (Partisi C). Kemudian tekan “Enter”.


5.         Tekan “C’ untuk menggunakan partisi yang tersisa. Kemudian gunakan semua kapasitas yang ada untuk membuat partisi ini (dalam satuan MB). Biasanya partisi ini digunakan untuk penyimpanan data (Partisi D atau E).Kemudian tekan “Enter”.

6.         Anda akan melihat partisi yang sudah anda buat .Setelah itu Tekan “Enter”. Pilih “Format the Partition by using the NTFS File System”. Kemudian tekan “Enter”.


7.         Jika anda melihat gambar dibawah ini, maka “setup” sedang meng-copy file sistem. Setelah selesai, maka Komputer atau Laptop anda akan me-restart secara otomatis.


8.         Kemudian akan keluar tampilan seperti dibawah ini. Pilih “Next”

9.         Aturlah Nama serta organisasi yang anda ikuti. Sebagai contoh saya akan membuat nama saya sebagai “Ekalien” dan organisasi saya “Alien-Hunter”. Kemudian Pilh “Next”.

10.       Kemudian masukkan “Product Key” atau kode produk Windows XP sp2 anda. Biasanya kode tersebut berada di belakang CD anda. (Kalo gak ada, ya gak bisa masuk ke proses selanjutnya.).

11.       Sekarang, masukkan nama komputer anda di kolom “Computer Name”. Saya akan memasukkan “Alien-Hunter”. Kosongkan aja password nya jika anda tidak memerlukannya.

12.       Setelah itu, Kita masuk ke menu pengaturan tanggal dan tempat(Lokasi Anda).  Di kolom “Time Zone”, Cari dan pilih “(GMT+07.00) Bangkok, Hanoi, Jakarta.

13.       Kemudian anda akan masuk ke pengaturan jaringan atau “Networking Setting”.Anda Akan diberi 2 pilihan (Typical setting dan Custom setting).Pilih “Typical setting” untuk mengatur pengaturan jaringan secara otomatis atau Pilih “Custom setting” untuk mrngkonfigurasi jaringan secara manual. Sayaakan memilih “Typical setting”

14.       Anda akan masuk ke pengaturan “Workgroup” atau domain komputer. Kita tekan next saja

15.       Sekarang, Windows sedang menyalin file sistem ke PC anda.Tunggu saja sampai proses instalasi selesai.


16.       Jika sudah selesai, maka PC atau laptop anda siap digunakan. J

0 comments:

Post a Comment